Ragam DIalog pada IMK
Dialog Manusia- Komputer
Dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen,
dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan
pragmatis
IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang
mengambil tempat antara user dan sistem komputer
Aturan dalam Perancangan Dialog
Pegang teguh konsistensi
Sediakan shortcut bagi pengguna aktif
Sediakan feedback yang informatif
Sediakan error handling yang mudah
Ijinkan pembatalan aksi
Sediakan fasilitas bantuan (help)
Kurangi beban ingatan jangka pendek
Pegang Teguh Konsistensi
Informasi disusun dalam formulir-formulir, nama-nama dan
susunan menu, ukuran dan bentuk dari ikon, dll, semuanya harus konsisten
diseluruh sistem
Konsisten mengijinkan banyak aksi menjadi otomatis
Jika ada aplikasi baru hadir dengan fungsi yang berbeda akan
menyebabkan user harus mempelajari kembali operasi-operasi yang dilakukan
Mis: konsistensi di dalam menu bar untuk File, Edit dan
Format
Sediakan Short Cut Bagi Pengguna Aktif
User yang bekerja dengan satu aplikasi dalam seluruh
waktunya akan menginginkan penghematan waktu dengan memanfaatkan short cut
User mulai hilang kesabaran dengan urutan menu panjang
ketika mereka sudah tahu pasti apa yang mereka kerjakan
Short cut keys dapat mereduksi jumlah interaksi untuk tugas
yang diberikan
Designer dapat menyediakan fasilitas makro bagi user untuk
membuat short cuts bagi dirinya sendiri
Dengan short cut membuat user lebih produktif
Sediakan Feedback yang Informatif
Setiap aksi dari user harus ada feedback dari komputer untuk
menunjukkan hasil dari aksi tersebut
Mis: jika user meng-”click” sebuah button harus secara
visual ada perubahan bentuk atau bisa berupa bunyi yang mengindikasikan
komputer telah meresponnya
Informasi feedback sangat penting bagi user, mis:
Jika komputer sedang melakukan proses tertentu, maka perlu
ada informasi
Sediakan Error Handling yang Mudah
Error dapat menjadi masalah yang serius, sehingga designer
harus mencoba mencegah user membuat error
Ketika errors terjadi perlu cara mengatasinya:
- Pesan error harus dinyatakan secara jelas apa kesalahannya dan menerangkan bagaimana kesalahan tersebut terjadi
- Hindari pesan yang menakutkan atau menyalahkan user seperti: “FATAL ERROR 2005”
- Juga sediakan informasi yang memudahkan untuk mengoreksi error tersebut, mis: “the date of birth entered is not valid. Check to be sure only numeric characters in appropriate ranges are entered in the date of birth fields….”
Ijinkan Pembatalan Aksi
User memerlukan bahwa ketika mereka sudah memilih opsi dan
membuat aksi, aktivitas itu dapat dibatalkan atau kembali ke kondisi sebelumnya
dengan mudah
Mengijinkan user untuk belajar tentang sistem dengan
melakukan eksplorasi
Jika mereka melakukan kesalahan, mereka dapat membatalkan
aksinya
Jika user akan menghapus sesuatu yang substansial (mis:
sebuah file), sistem harus meminta konformasi terhadap aksi tersebut
Sediakan Fasilitas Bantuan (Help)
User yang berpengalaman menginginkan bahwa mereka yang
mengendalikan sistem dan sistem merespon mereka. Segala sesuatu yang mereka
tidak tahu rasanya ingin segera mendapat jawabannya, oleh sebab itu fasilitas
“help” penting untuk menolongnya agar segera mendapatkan solusi
User yang tidak berpengalaman ketika mengalami kesulitan
dalam mengeksplorasi sistem juga perlu mendapat pertolongan yang mudah dan
sederhana, fasilitas “help” yang lengkap, mudah dioperasikan akan menolong
mereka mengatasi kesulitannya
Kurangi Muatan Short-Term Memory
- Orang mempunyai keterbatasan pada short-term memory-nya
- Orang hanya mengingat sekitar 7 chunk informasi pada satu saat
Karakteristik Umum Ragam Dialog
Inisiatif
- Inisiatif oleh komputer; user memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer
- Inisiatif oleh user; user mempunyai sifat keterbukaan yang luas dalam artian user diharapkan agar dapat memahami sekumpulan perintah yang harus ditulis menurut aturan (sintaks) tertentu
Keluwesan
- Tidak hanya dilihat dari kemampuan sistem menyediakan sejumlah perintah-perintah yang memberikan hasil sama, tetapi bagaimana sistem dapat menyesuaikan diri dengan keinginan pengguna dan bukan sebaliknya
Kompleksitas
Keluwesan harus dibayar dengan kompleksitas implementasi
yang tinggi, oleh sebab itu perlu pembatasan kompleksitas dengan cara TIDAK
membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan karena tidak ada keuntungan
darinya
Kekuatan
Didefinisikan sebagai jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh
sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh user. Aspek ini dapat
berbenturan dengan aspek keluwesan dan kompleksitas
Beban informasi
Penyampaian informasi dalam dialog yang sesuai dengan
kebutuhan pengguna
Konsistensi
Suatu atribut yang dapat mendorong user mengembangkan
mentalitas dengan cara memberikan semacam petunjuk untuk mengeksplorasi
pengetahuan tentang pemahaman perintah-perintah baru dengan opsion yang sudah
ada
Umpan balik
Kemampuan untuk memberikan informasi kepada user tentang
proses yang sedang berjalan akibat adanya masukan yang dilakukan oleh user
Observabilitas
Sistem dapat berfungsi secara benar namun nampak sederhana
bagi user
Kontrolabilitas
Sistem yang selalu dalam kontrol user. Dialog yang memiliki
sifat ini harus memungkinkan user agar dapat menentukan:
- Dimana sebelumnya ia berada
- Dimana sekarang ia berada
- Kemana ia dapat pergi
- Apakah pekerjaan yang sudah dilakukan dapat dibatalkan
Command Language
Bahasa perintah biasanya diperlukan dalam sistem operasi DOS
dan UNIX. User menulis suatu perintah dan menunggu respon dari sistem. Jika
hasilnya benar, perintah berikutnya diterbitkan, jika salah tindakan
selanjutnya ada ditangan user
Contoh:
C:\>DIR - C:\>copy *.doc A:\LETTER
C:\>DIR *.DOC/s - C:\DOS>FORMAT A: /S
Keuntungan
|
Kerugian
|
•
Luwes
•
Inisiatif pada pengguna
•
Nyaman dalam penciptaannya
•
Memberdayakan user
•
Cepat
•
Efisien
•
Akurat
|
•
Membutuhkan pelatihan yang lama
•
Membutuhkan penggunaan yang teratur
•
Beban ingatan yang tinggi
•
Jelek dalam menangani kesalahan
|
Beberapa pedoman:
- Buatlah model eksplisit dari obyek atau tindakan
- Pilihlah nama-nama yang penuh arti, spesifik dan jelas
- Gunakanlah struktur hirarki
- Usahakan struktur yang konsisten
- Aturan-aturan penyingkatan harus konsisten
- Pertimbangkan pemakaian menu-menu perintah pada tampilan berkecepatan tinggi
- Batasi jumlah perintah untuk menjalankan suatu tugas
Bahasa Alami
Sistem harus tunduk dan merespon kalimat-kalimat dan
frase-frase pada bahasa alami
Keuntungan:
Mengurangi beban mempelajari sintaks
Kerugian:
- Memerlukan dialog klarifikasi
- Memerlukan lebih banyak pengetikan
- Tidak dapat diprediksi
Manipulasi Langsung
User berinteraksi secara langsung dengan obyek pada layar
grafis sementara sistem menyediakan umpan balik yang cepat pada user
Keuntungan
|
Kerugian
|
•
Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
•
Mengurangi waktu pembelajaran
•
Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
•
Penampilan visual yang bagus
•
Mudah dioperasikan
•
Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi
langsung
|
•
Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
•
Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
•
Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball, dll
•
Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu
|
Sistem Menu
Pengguna menentukan satu dari sejumlah pilihan pada daftar,
kemudian menerapkan sintaks untuk mengindikasikan pilihan, menegaskan pilihan,
memulai aksi dan mengamati hasilnya
Keuntungan
|
Kerugian
|
•
Proses belajar singkat
•
Mengurangi pengetikan
•
Kesalahan mudah diatasi
•
Struktur terdefinisi dengan baik
•
Beban memori rendah
•
Perancangannya mudah
|
•
Proses sedikit lambat
•
Menghabiskan ruang layar
•
Kurang cocok untuk aktivitas pemasukan data
•
Memerlukan kecepatan tampilan yang tinggi
|
Sistem Menu Datar
Sistem Informasi Akademik
STMIK “AMIKOM”
|
[A] Registrasi Mahasiswa Baru
[B] Registrasi Mahasiswa Lama
[C] Edit Data Mahasiswa
[D] Edit Mata Kuliah
[E] Cetak KHS/KRS
[F] Cetak Presensi Kuliah
[G] Selesai
Pilih salah satu: _
|
Borang Isian (Form Fill-In)
Pengguna melihat suatu tampilan medan yang berhubungan satu
sama lainnya, kursor dipindahkan sepanjang medan-medan yang ada selanjutnya data
diisikan pada medan yang dikehendaki
Keuntungan
|
Kerugian
|
•
Proses pemasukan datanya relatif mudah
•
Perlu sedikit pelatihan
•
Beban memori rendah
•
Strukturnya jelas
•
Tersedia berbagai piranti bantu desain tampilan
•
Perancangannya mudah
|
•
Menghabiskan ruang layar
•
Tidak cocok untuk pemilihan instruksi
•
Memerlukan pengontrol kursor
•
Mekanisme navigasi tidak jelas
•
Sering kali cukup lambat
|
0 Komentar untuk "Ragam DIalog pada IMK"