Senin, 03 Desember 2012

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER



Perkembangan teknologi dijaman sekarang ini sudah begitu banyak merambah keberbagai bidang dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga peranan komputer hampir tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan kita sehari-hari. Adapun alasan penggunaan komputer karena komputer mampu lebih cepat dan efisien dalam melakukan suatu kegiatan dibandingkan dengan kegiatan yang dilakukan secara manual.

IMK berkaitan dengan aspek-aspek interaksi antara manusia dan komputer sehingga dapat mencapai kondisi yang senyaman mungkin ketika pengguna bekerja di depan komputer untuk selang
waktu yang lama. Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan menyelesaikan tugas/ task dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat. Model interaksi antara pengguna dengan sistem melibatkan tiga komponen yaitu pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri.

Interaksi manusia – komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu muncul keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna. Beban kerja yang dialami oleh pengguna komputer berupa beban kerja fisik dan mental. Munculnya beban kerja ini terutama dapat terlihat pada kecenderungan penurunan performansi kerja pengguna komputer setelah jangka waktu tertentu.

Untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari munculnya beban mental ini, maka perlu dibentuk suatu model yang dapat menjelaskan terjadinya beban mental pada interaksi manusia – komputer. Berdasarkan studi literatur, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya beban mental dan akhirnya membangun model yang dimaksud tersebut di atas adalah :

· kebutuhan mental

· kelelahan fisik- kebosanan

· tingkat kesulitan kerja

· lingkungan fisik kerja

· kebutuhan waktu

Pertumbuhan teknologi komputer tidak boleh memiliki pengaruh negative terhadap nilai dasar manusia. Kemajuan antarmuka dan teknik lain dari pengontrolan komputer (seperti dengan menggunakan joystick dan fingertip) mendukung peran keyboard dan mouse tradisional.
IMK harus dipastikan bahwa kita (manusia) yang tetap memegang kunci dalam membuat keputusan.

Maka dari itu, “Being Human” menjadi usulan bagi IMK di tahun 2020. Hal ini dilaporkan secara detil di konferensi pada Maret 2007, tentang penemuan Microsoft, yang dihadiri oleh ahli-ahli IMK dari seluruh dunia.

Pada 2020, kita masih dapat membaca koran ataupun majalah, tetapi konten dari koran atau majalah tersebut akan didistribusikan secara digital dan ditampilkan melalui layar yang dapat dilipat dan dapat ditaruh di saku Anda; atau bahkan pakaian kita dapat menunjukkan diagnosa kesehatan kita. Namun, penting sekali dimana kita harus mengkombinasikan inovasi dengan pemahaman tentang pengaruhnya terhadap manusia. Tanpa pengawasan dan penilaian yang benar, maka akan terjadi kemungkinan bahwa manusia-individual ataupun kolektif-tidak dikontrol oleh diri kita sendiri ataupun orang di sekitar kita.

Komputer sebagai penemuan teknologi telah memasuki hampir seluruh aras kehidupan manusia. Sewaktu manusia (user) menggunakan komputer, manusia melakukan dialog dengan komputer. Ketika user memberikan suatu perintah dan komputer mengerjakan perintah dengan menampilkan hasilnya di layar tampilan, sesungguhnya manusia tengah berdialog dengan komputer. Dari sinilah muncul suatu disiplin di dalam ilmu komputer yang disebut dengan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK). Dalam desain interaksi perlu memperhatikan kinerja pengguna dalam konteks sembarang sistem, apakah komputer, mekanik atau pun manual. Desain interaksi diantara manusia dan komputer melibatkan kajian atas aspek-aspek fisik, psikologi dan teoritis dari proses ini.










Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar